Monday, February 23, 2009

JOGJAKARTA, Museum Kontemporer

Segera Hadir di Jogjakarta, sebuah Museum Nasional
Perpustakaan Seni Rupa Kontemporer

HINGGA saat ini belum ada satupun perpustakaan di Yogyakarta bahkan di Indonesia yang secara lengkap dan mengkhususkan diri untuk menampilkan buku-buku seni rupa kontemporer. Perpustakaan yang secara khusus akan menampung buku-buku maupun media digital tentang khasanah seni dan budaya akan segera hadir Jogja National Museum (JNM) di Jalan Amri Yahya No.1 Gampingan atau gedung eks Kampus FSR ISI Yogyakarta.

Hal tersebut setelah Yayasan Yogyakarta Seni Nusantara (YYSN) yang mengelola JNM menggandeng Badan Perpustakaan Daerah Propinsi DIY untuk mewujudkan adanya perpustakaan di JNM. Sinergi tersebut tertuang dalam acara penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Ketua YYSN KPH Wironegoro MSc dengan Kepala Badan Perpusda Drs Ikmal Hafzi di JNM, Sabtu (5/4).

”Dari studi yang kami lakukan sebenarnya banyak masyarakat maupun seniman yang ingin mencari referensi lewat buku atau media pembelajaran tentang seni yang bisa diakses dengan mudah,” kata KPH Wironegoro usai penandatanganan naskah MoU.

Dengan keberadaan museum ini diharapkan dapat menumbuhkembangkan minat baca dan pengetahuan kalangan seniman, penggiat seni dan masyarakat umum tentang seni. Bukan hanya buku, di perpustakaan ini juga akan disediakan materi dalam bentuk digital, CD, DVD dan media lainnya yang berisi tentang perkembangan seni kontemporer juga pengetahuan umum.
KPH Wironegoro mengatakan, pihak JNM sangat terbuka bagi kalangan seniman baik itu pelukis, kolektor atau masyarakat umum yang ingin mendonasikan buku, katalog pameran atau materi lainnya untuk dijadikan koleksi perpustakaan JNM. (R-1)-g

sumber : kr.co.id

No comments: